ayam gedebuk nex carlos

AYAM GEDEBUK

PENDAHULUAN
   Hari ini akan membahas tentang salah satu food vlogger, yang dimana nex carlos ini sudah terkenal dan memiliki usaha kuliner makanan yaitu ayam gedebuk. Restorannya pun sudah menyebar hampir puluhan cabang. Dengan memakai Metode Semiotika Saussure. Dalam pembahasan kali ini yang saya buat nantinya banyak penanda - petanda. 

METODE PENELITIAN
   Penelitian yang di gunakan yaitu metode Semiotika Saussure. Metode ini digunakan untuk menunjuk pada kajian yang mengambil makna dari pertanda-tanda yang terdapat pada logo ayam gedebuk milik nex Carlos. Objek ini di teliti menggunakan metode pada brand nex carlos yaitu ayam gedebuk yang dimiliki oleh nex carlos.Tentunya dalam membuat penelitian ini harus mempunyai data yang benar mengenai bahan yang akan dikaji, agar saat membuatnya tidak menjadi asal dan lebih terarah dalam perujukan tujuannya.

Apa pengertian metode Saussure ini ? Metode Saussure ini merupakan metode untuk mengkaji suatu arti dalam sebuah logo dalam sebuah bentuk penelitian yang dipublihskan  dalam mengkaji ayam gedebuk ini menggunakan penanda dan pertanda dalam metodenya.
Tentu saja dalam mengkaji menggunakan metode ini kita lebih paham bagaimana makna yang terkandung dalam logo ayam gedebuk nex carlos tersebut. Metode ini yang dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure ini membahas semiotika yang dia kembangkan merupakan sebuah aturan dari sebuah kata tanda yang berfungsi untuk memperkenalkan  sebuah produk atau brand tersebut. Dalam hal tersebut kami mempresentasikan tanda logo brand yang dimiliki oleh vlogger yang bernama nex carlos yaitu usaha kuliner Ayam Gedebuk. Dalam usaha yang di jalankan tersebut oleh nex carlos ini. Tentunya pembuatan logo tersebut mempunyai arti yang bisa di reprentasikan menggunakan metode penelitian Saussure dan dibahas menurut metode Saussure.
Dalam menggunakan kalimat antara tanda atau penanda dalam logo nex carlos, Sehingga kami menggunakan metode Saussure ini dalam mengkaji kajian ini. Sehingga kami dapat memahami makna dan tujuan yang ada pada logo produk nex carlos tersebut. 

PEMBAHASAN
   Di indonesia merupakan Beriklim tropis Terletak strategis yang berada diantara dua benua dan dua samudra. Indonesia menjadi faktor utama dalam beragamnya dan pesatnya Perkembangan pertanian di indonesia. Baik dari itu makanannya, hingga pendukung lainnya seperti rempah-rempah. Indonesia juga menghasilkan hasil pangan yang beragam dan unik hingga menjadi incaran warga turis yang ingin mencoba kuliner tersebut. Maka dari itu kebudayaan di indonesia sangat lah penting untuk kita jaga dan dilestarikan supaya nama indonesia terjaga dengan baik. Dalam upaya melestarikan kuliner indonesia dari generasi dulu hingga sekarang harus di mempunyai fasilitas - fasilitas yang meningkat seperti, restoran, kursus memasak dan tempat untuk membeli bumbu yang berhubungan dengan kuliner indonesia. Tujuannya adalah Mengeskpolarasi Yang dimiliki para penjual makanan Tradisional indonesia sebagai salah satu bisnis dalam kuliner tradisional indonesia. Salah satunya dengan cara melayani customer yang ramah dan juga menyajikan makanan yang kualitas kesehatan dan kebersihannya terjaga dengan baik, sehingga Makanan indonesia tersebut menjadi karakteristiknya orang asing. Masih banyak masyarakat indonesia justru kurang mengatahui dan menyukai makanan Tradisional khas indonesia. Justru mereka menyukai makanan luar seperti Chinese Food, Japanese Food, 
Western Food, khususnya Fast Food dan Junk Food, Dan bagi anak-anak muda indonesia hanya menikmati dan Mengikuti tren masa kini dengan menganggap 
masakan Indonesia kuno dan lebih memilih pengaruh kuliner luar yang dianggap 
modern. Sayangnya apresiasi terhadap tradisi kuliner khas indonesia kurang begitu disukai oleh anak-anak muda di indonesia. Dan sebagian besar wisatawan asing yang berkunjung ke 
Indonesia sangat tertarik dengan kebudayaan lokal Indonesia, khususnya dari 
segi kuliner yang membuat para wisatawan asing merindukan kenikmatannya 
dan mereka bahkan berkeinginan untuk mempelajari sejarah dan tradisi 
kebudayaan kuliner Indonesia. Beberapa kuliner khas 
Indonesia sudah mulai terkenal hingga mancanegara. Ini merupakan peluang 
Indonesia untuk mempromosikan dan meningkatkan citra Indonesia. khususnya wisatawan 
lokal maupun mancanegara dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sekarang ini, Masyarakat lokal masih kurang peka dan 
menyadari terhadap perkembangan kuliner yang ada di Indonesia, Banyak rumah makan atau restoran yang menyediakan berbagai jenis kuliner 
Indonesia, namun hanya sebatas saja. fasilitas 
yang kurang terstruktur dan lengkap dalam meningkatkan apresiasi dan wawasan 
terhadap kebudayaan seni kuliner yang tersebar di berbagai wilayah di 
Indonesia. Masyarakat (khususnya remaja dan anak-anak) membutuhkan suatu 
wadah dalam menyalurkan minat, dan hobi makanan khas indonesia. 
Dalam memperluas pengenalan dan memperkaya wawasan tersebut, 
khususnya wisatawan 
lokal maupun mancanegara dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya 
adalah dengan memanfaatkan sebuah sarana pusat wisata dilengkapi dengan 
fasilitas atau media menarik yang diperuntukkan bagi seluruh kalangannya. Dan sekarang ini Nex carlos contohnya membuka usaha ayam gedebuk untuk mengetahui bahwa dia memperkenalkan usahanya itu biar masyarakat lokal dan wisatawan asing mencicipi makanan di seluruh penjuru Indonesia salah satunya yaitu kuliner. 
Sebelum mendirikan usaha kuliner juga memperhatikan beberapa aspek mulai dari pendirian brand logo, makna yang terdapat didalam logo, Maupun menu apa saja yang ada didalam brand ayam gedebuk itu sendiri. Setelah memperhatikan itu semua tentunya juga memperhatikan aspek mengenai pangsa pasar dan trend yang sedang hits saat ini agar mampu bersaing dengan restoran restoran yang sudah ada sebelumnya
Dalam pembentukan logo maupun brand tentunya harus melewati tahapan dimana logo yang akan di buat harus memiliki makna yang kuat.Pembuatan logo dapat dikaji melalui beberapa metode,untuk saat ini kita mengkaji melalui kajian Saussure.Kita akan mengkaji logo produk dari nex carlos ini yang bernama ayam gedebuk
Siapa yang tidak kenal dengan nex carlos ? Yak nex carlos merupakan seorang food vlogger dengan jumlah subscriber yang bisa dibilang banyak.Nex carlos yang dikenal sebagai tukang makan dan juga bertubuh gemuk tetapi nex sendiri sudah berkeliling ke penjuru Indonesia untuk membuat video membahas masakan apa saja yang unik di setiap daerahnya serta mencari resep-resep dalam menu makanan di ayam gedebuknya itu dengan menggunakan bumbu bumbu yang sudah pernah dicicipi oleh nex carlos dalam hunting makanannya itu.Selain itu nex carlos juga memperkenalkan makanan yang ada diindonesia khususnya makanan yang unik serta legendaris di Indonesia.
 
Nex carlos tidak bekerja sendirian dalam membuat konten,Ia dibantu oleh cameramen dan juga crew syutingnya.Selain dikenal sebagai youtuber juga dikenal sebagai pengusaha,khususnya di bidang kuliner.Nex sebenarnya juga memiliki beberapa jenis usaha yang bergerak di berbagai bidang,Selain di kuliner nex carlos juga memiliki usaha di bidang fashion.Tentu dalam mendirikan dan membangun usaha ini nex sudah memperhatikan beberapa factor yang memungkinkan dibangunnya usaha itu.Salah satunya yaitu dengan memperhatikan trend yang sedang menjadi primadona dikalangan masyarakat terlebih dikalangan anak muda.
Nex Carlos juga memiliki jargon MAKAN CUY,Makan cuy ini sudah menjadi jargon atau ciri khas juga pada saat syuting.Makan cuy ini awalnya merupakan ajakan makan didalam video youtubenya seolah-olah sedang berinteraksi menawarkan makan terhadap penontonnya di youtube sehingga penonton juga merasakan sensasi sedang berkomunikasi dengan nex carlos.
Makan cuy juga di gunakan sebagai jargon pada logo ini bertujuan juga untuk mencari minat dan kerja sama dengan para investor yang ingin ikut bekerja sama dalam usahanya.Selain itu makan cuy menjadi ciri khas pada ayam gedebuk nex carlos .
Ayam gedebuk ini contohnya.Anak muda zaman sekarang mencari makanan yang unik dan juga hits serta menarik.Dalam pembuatan brand pada ayam gedebuk ini juga nex sudah memperhatikan mulai dari penamaan serta makna yang terkandung dalam kata penamaan ayam gedebuk itu sendiri agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut.Ayam gedebuk sendiri awalnya berada di kota Pontianak.Pontianak sendiri merupakan tanah kelahiran dari Nex Carlos.Perpaduan nasi uduk Pontianak dengan ayam goreng yang ditaburi dengan kerenyahan kriuk-kriuk diatasnya membuat nex carlos ingin memperkenalkan menunya tersebut.Seiring dengan jalannya waktu akhirnya sampai juga outlet dari ayam gedebuk ini dijakarta.Awalnya ayam gedebuk ini hanya ada dijakarta satu outlet namun saat ini outlet di Jakarta sudah ada kurang lebih 22 outlet yang tersedia di Jakarta dan kabarnya juga sudah ada outlet di beberapa kota besar di Indonesia.Namun sebetulnya ayam gedebuk ini juga menyediakan berbagai variasi menu yang di tawarkan mulai dari minuman makanan dan juga 
Jika di hubungkan dengan metode Saussure maka  tanda pertanda yang ada dalam ayam gedebuk ini dengan jargon makan cuy ditampilkan dalam komunikasi yang verbal yang selalu diucapkan oleh nex carlos dalam vidionya . Selain itu juga jargon ini jika juga ditampilkan secara non-verbal dapat lihat dari sticker nex carlos bertuliskan makan cuy yang di tempelkan pada setiap dinding di outletnya.
Metode semiotika ini juga merujuk pada tata cara berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa yang tidak dibahas di metode lain.Tanda sendiri merupakan bagian dari ciri khas yang biasa nex carlos tunjukkan di setiap vidionya.
Yang biasa di singgung dalam metode ini biasanya ialah kebiasaan dari hal kecil tanpa disadari dari suatu struktur yang ditemukan pada saat berkomunikasi.Sehingga itu bisa menjadi satu hal yang harus di perhatikan dalam penggunaan metode ini dalam proses pengkajian pada logo ayam gedebuk milik nex carlos ini.
Penanda yang dapat kita lihat dalam promosi ayam gedebuk ini ialah ekspresi maupun bentuk fisik dari nex carlos,Nex carlos sendiri sering memperlihatkan secara sadar atau tidak sadar maupun sengaja ataupun tidak disengaja menampilkan atau mempelihatkan ekspresi pada saat mencicipi atau memakan makanan yang ia riview terlihat sangan menggiurkan dan menggugah selera bagi para penontonnya,dan juga terlihat dari fisik badannya yang terlihat gemuk menggambarkan nex carlos ialah orang yang gemar makan sehingga penonton dapat beramsusmi bahwa makanan ayam gedebuk yang di buat nex carlos terlihat sangat enak dan juga sangat menggugah selera.
Sedangkan petanda merupakan makna atau konsep logo yang di buat mengandung sebuah pesan yang disampaikan kepada para costumernya.Nah,logo yang di buat oleh nex carlos dalam produk ayam gedebuk ini juga dibuat menarik dengan menampilkan vector yang menggambarkan diri nex carlos yang dibuat lucu dan juga dengan menggunakan jargon MAKAN CUY di atas logonya.Jadi maksud dan tujuan pembuatan menggunakan kajian ini yaitu dapat mengartikan atau mencari makna dari brand nex carlos lewat pertanda dan penanda.
Dalam hubungan antara penanda dan pertanda ini tidak dapat di pisahkan karena keduanya memiliki kaitan yang erat dan juga sudah menjadi satu kesatuan pemikiran dalam pembuatan konsepnya dengan kata lain petanda dan penanda ini sudah tidak dapat di ganggu gugat lagi dalam pemakaian pembuatan konsep dari ayam gedebuk .

KESIMPULAN
 Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh 
konten youtube food vlogger di channel Nex Carlos terhadap tingkat pengetahuan 
kuliner daerah dan minat berwisata kuliner pada subscriber, maka temuan 
penelitian dan hasil analisis yang telah peneliti lakukan diperoleh kesimpulan 
sebagai berikut :  Terdapat pengaruh konten youtube food vlogger channel Nex Carlos
terhadap tingkat pengetahuan kuliner daerah  pada subscriber di channel 
Nex Carlos, yang dibuktikan bahwa  yaitu 4,328. Dapat disimpulkan 
bahwa konten youtube food vlogger channel Nex Carlos berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan kuliner daerah. Sehingga kualitas dari konten 
ketika disajikan dengan baik dan mudah dipahami, maka dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai kuliner. Terdapat pengaruh konten youtube food vlogger channel Nex Carlos 
terhadap minat berwisata kulinerpada subscriber di channel Nex Carlos, yang dibuktikan bahwa yaitu 4,142 Dapat disimpulkan bahwa konten youtube food vlogger channel Nex Carlos berpengaruh terhadap minat berwisata kuliner. Sehingga kualitas dari konten ketika disajikan dengan baik dan tentunya menarik, maka dapat mendorong masyarakat untuk minat berwisata kuliner. 

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2, semiotika dalam kehidupan sehari-hari

Analisis Objek Kajian Semiotika "GESTUR DEFENSIF OBJEK PEREMPUAN DALAM KARYA SENI LUKIS CHUSIN SETIADIKARA"